Analisis Chat GPT untuk Mendukung Proses Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester Akhir UIN Sumatera Utara Medan

  • Wisnu Afriansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Muhammad Alfikri Matondang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

Abstract

Chat-GPT has changed communication, information access, and student education, therefore UINSU Medan communication science students must adapt quickly to AI in learning. This research examines how Chat-GPT enhances UINSU students' learning. This research uses quantitative descriptive method. This survey sampled UINSU Communication Science students. The results showed Chat GPT provides correct, simple data. In-depth content helps academic projects and arguments, although it might be better. Strong and responsive, this platform simplifies learning. Academically relevant and personalized GPT Chat comments demonstrate adaptability. Use improves critical thinking. Happy users learn well. GPT speeches boost learning and competencies. Many responders offered favorable feedback, however some portions need updating

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, R. A., Atika, N., Riska, S., & Noor, A. (2024). Kajian Literatur: Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Jurnalistik. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(1), 123–132. https://doi.org/10.32884/IDEAS.V10I1.1658
Ali, N., Hayati, M., Faiza, R., Khaerah, A., & Raya, P. (2023). Artificial Intelligence (AI) dalam Pendidikan Islam: Trends, Persepsi, dan Potensi Pelanggaran Akademik di kalangan Mahasiswa. Injire, 1(1), 51–66. https://injire.org/index.php/journal/article/view/18
Arifdarma, I. (2023). Pengaruh Teknologi Chat GPT terhadap Dunia Pendidikan: Potensi dan Tantangan. Jurnal Agriwidya, 4(1), 56-66. https://repository.pertanian.go.id/handle/123 456789/20278
Arisanti, Y. (2023). Tantangan Etika di Bidang Perhotelan pada Era Artificial Intelligence. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(4), 1247–1256. https://doi.org/10.32884 / IDEAS.V9I4.1541
Aziza, N. (2023). Metodologi Penelitian 1: Deskriptif Kuantitatif. Media Sains Indonesia.
Codipilly, D. C., Faghani, S., Hagan, C., Lewis, J., Erickson, B. J., & Iyer, P. G. (2024). The Evolving Role of Artificial Intelligence in Gastrointestinal Histopathology: An Update. Clinical Gastroenterology and Hepatology, 22(6), 1170–1180. https://doi.org/10.1016/J. CGH.2023.11.044
Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka Kerja Sistem Kecerdasan Buatan dalam Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia Indonesia. IncomTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 10(1), 19-24. https://doi.org/10.22441/incomtech.v10i1.7 460
Erizal, R. M., Safitra, A., Mulia, P. F., & Azmi, Z. (2024). Analisis Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Menggunakan Platform Chat-GPT untuk Mendukung Proses Pendidikan bagi Mahasiswa. Student Scientific Creativity Journal, 2(1), 187–197. https://doi.org/10.5560 6/SSCJ-AMIK.V2I1.2711
Farhi, F., Jeljeli, R., Aburezeq, I., Dweikat, F. F., Al-shami, S. A., & Slamene, R. (2023). Analyzing The Students’ Views, Concerns, and Perceived Ethics about Chat GPT Usage. Computers and Education: Artificial Intelligence, 5, 100180. https://doi.org/10.1016/J.C AEAI.2023.100180
Hadian, T., & Rahmi, E. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Edu Publisher
Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi: Literature Review. Seminar Nasional Akuntansi dan Call for Paper, 3(1), 83–91. https://doi.org/10.21009/JPPP.121.01
Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655–2664. https://doi.org/10.37985/JER.V5I3.1047
Iriyani, S. A., Patty, E. N. ., Akbar, A. R., Idris, R., & Priyudahari, B. A. P. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pendidikan. UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.30812/UPGRADE.V1I1. 3151
Lestariani, N. (2023). Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Peningkatan Otonomi Belajar dan Literasi Informasi Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 218-238. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.4392
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 5192-5201. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.7119
Marlita, Z., Zufarul Khoir, N., Zeinnafis, R. N., Wibowo, R. C., Rizal, M., Desiano, D., Rimosan, E. D., Hidayani, F. N., Enrico, M. R., Febriansyah, A. L., & Sentanu, R. P. (2024). Persepsi Mahasiswa Universitas Negeri Semarang tentang Kemalasan Mahasiswa dalam Berkembangnya Era Chatbot: Tantangan dan Solusi dalam Pendidikan Tinggi di Konteks Universitas Negeri Semarang. Jurnal Majemuk, 3(1), 134–142. https://jurnalilm iah.org/journal/index.php/majemuk/article/view/663
Maula, S. R., Aprillian, S. D., Rachman, A. W., & Azman, M. N. M. (2024). Ketergantungan Mahasiswa Universitas Jember terhadap Artificial Intelligence (AI). ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 2(1), 01–14. https://doi.org/10.59246/ALADAL AH.V2 I1.608
Mustika, A. Y., Amalia, M. R., Aulia, M. H., Putri, N. M., Alam, N. G., Amri, S. A., Syifani, S. S., Azzahra, S. P., & Aisyah, U. K. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Proses Kegiatan Belajar di Mata Kuliah IPA Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Analis, 3(1), 112–122. https://jurnalilmiah.org/jour nal/index.php/analis/article/view/703
Ngintung, R., Kurnia, N., Puspitasari, D., Sukamto, A., Wulansari, I., & Ristiana, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Bagi Guru SD Gugus 3 Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 65-71. https://journal.unm.ac.id/index.php/JHP2M/article/view/166
Noviadhi, I. Y., S, F. V., Denyana, N. T., Romadhoni, A. S., Hidayat, M. D., Ihsan, M. K., Mardlotillah, Z., & Pandhowo, D. (2024). Penerapan Teknologi Artificial Intelligence ChatBots dalam Proses Belajar Mengajar untuk Mata Kuliah Sistem Operasi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Semarang di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Mediasi, 3(1), 93–105. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/mediasi/article/v iew/ 753
Nufus, H. (2024). Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa. Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 28–31. https://ejournal.antarban gsa.ac.id/jti/article/view/561
Nugroho, A. D., Dwayne, G. S., Arrazaqu, K. I., Baihaqi, M. N., Wibowo, H. Z. A., Widyatami, C. C., Gultom, N. I. R., & Araminta, A. N. (2024). Implementasi AI ChatGPT sebagai Alat Pendukung Pembelajaran Mahasiswa pada Prodi Sistem Informasi di Perguruan Tinggi Universitas Negeri Semarang. Jurnal Mediasi, 3(1), 106–118. https://doi.org/10.5 9291/jnd.v3i1.57
Putra, D. T., Wahyudi, I., Megavitry, R., & Supriadi, A. (2023). Pemanfaatan E-Commerce dalam Pemasaran Hasil Pertanian: Kelebihan dan Tantangan di Era Digital. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 684–696. https://doi.org/10.58812/JMWS.V2I08.590
Putri, Z. H. A., Pradana, N. R., Yustraini, Y. A., & Efansyah, A. D. (2024). Analisis Pengaruh Chat GPT terhadap Keterampilan, Kolaborasi, dan Kreativitas Mahasiswa: Metode Systematic Literature Review Identifikasi Dampak dan Pengaruh. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 7983–7999. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V4I 2.10268
Rahayu, A. (2024). Evaluasi Penerimaan Pengguna dan Kesuksesan Aplikasi ChatGPT Berbasis Kecerdasan Buatan terhadap Mahasiswa Indonesia (Thesis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456 789/76638
Risnina, N. N., Permatasari, S. T. I., Nurulhusna, A. Z., Anjelita, F. M., Wulaningtyas, C., & Rakhmawati, N. A. (2023). Pengaruh ChatGPT terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(4), 119-132.https://doi.org/10.55606/JPBB.V2I4.2364
Saputra, N. J., & Hidayati, D. (2023). Persepsi Dosen Pascasarjana Universitas Swasta terhadap ChatGPT dalam Meningkatkan Mutu Pembalajaran. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 11(3), 532. https://doi.org/10.26418/JUSTIN.V11I3.67023
Septiyani, S., & Sutabri, T. (2024). Analisis Perbandingan Antara Cara Konvensional dan Chat GPT dalam Keberhasilan Mahasiswa Mengerjakan Tugas Menggunakan Metode Pengamatan Partisipan. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2(2), 391-397. https://journal.csspublishing.com/index.php/ijm/article/view/692
Serdianus, S., & Saputra, T. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Masokan: Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.34307/MISP.V3I1.100
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Petisi, 04(01). https://chat.openai.com.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49-58. https://unimuda.e-journal.id/jurnalteknol ogiinformasi/article/view/3680
Sujatmiko, D. A., Dhamayanti, W., Sastrosupadi, A., Agama, S. T., & Kertarajasa, B. (2024). Pengaruh Penggunaan Chat GPT (Generative Pre-Trained Transformer) terhadap Rata-Rata Nilai IPK Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa. Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 3(1), 24–34. https://doi.org/10.59291/JND.V3I1.57
Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 923-926–138.
Published
2024-08-03
How to Cite
AFRIANSYAH, Wisnu; MATONDANG, Muhammad Alfikri. Analisis Chat GPT untuk Mendukung Proses Belajar Mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester Akhir UIN Sumatera Utara Medan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 529-538, aug. 2024. ISSN 2656-940X. Available at: <https://www.jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/1843>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1843.